Budgeting is Important

Dalam merencanakan suatu pernikahan, budgeting adalah numero uno! Bener banget kenapa nomor satu, karena segala kebutuhan dalam pernikahan harus diperhitungkan dengan matang. Bayangkan saja, jika tanpa perhitungan maka akan menjadi pekerjaan rumah untuk pengantin setelah menikah.

Banyak yang mengatakan, menikah itu mahal, menikah itu butuh uang (ini mah wajib :D), menikah itu yang penting akad nikah, menikah itu sekali seumur hidup. Setuju banget sama semua pernyataan barusan, namun yang paling penting adalah kita harus realistis. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba saat kamu akan menghitung anggaran pernikahan :

1. Kamu Ingin Mewujudkan Pernikahan yang Seperti Apa?



That’s is important things. Sebelum kamu mengarah kemana-mana, mending kamu pikirin dulu kamu ingin menikah yang seperti apa. Jangan sampai ketika kamu lupa untuk menentukan ini di awal, kamu stress sendiri dengan seluruh pihak yang ingin membantu kamu dalam persiapan pernikahan, namun itu semua di luar konsep yang kamu inginkan. Minimal kamu tentukan dulu, kamu ingin menggunakan Pernikahan dengan tema Adat Istiadat atau Nasional pernikahan atau dengan tema lainnya. Tentu saja sebelum menentukan, kamu harus diskusikan terlebih dahulu dengan keluarga kamu
  


2. Berapa Banyak Keluarga dan Teman Kamu yang akan Hadir



Ini penting, sumpah ini penting banget hehe.. Kebanyakan dari kalian, mungkin mengesampingkan hal ini, ah entar aja dulu, yang penting undangan aja dulu. Padahal jumlah tamu yang akan diundang merupakan salah satu yang sangat mempengaruhi biaya pengeluaran. Hal ini yang akan menentukan kamu memilih tempat, menentukan kamu memilih catering, menentukan kamu memilih untuk rias pake apa :D Jadi list keluarga serta teman yang akan hadir di pernikahan kamu sedini mungkin

3. Menentukan Vendor yang Ingin Kamu Gunakan!



Yes, vendor adalah pemeran untuk acara pernikahan kamu yang akan siap sedia membantu kamu mewujudkan impian kamu dalam pernikahanmu nanti hehehe. Vendor apapun yang kamu rasa sudah cocok dengan konsep dan anggaranmu, yuk tancap gass! Yang terpenting dalam bekerja sama adalah chemistry. Ketika kamu sudah cocok, udah gitu setelah di kepoin vendornya ternyata kinerjanya bagus terus masuk budget kamu, langsung aja gausah mikir panjang-panjang lagi


4. Banyak Bertanya dan Cari tahu

Mengapa demikian? Malu bertanya sesat dijalan. Nah kata pepatah demikian, jadi kalo kamu mau dapet banyak informasi, banyak gambaran, banyaklah bertanya pada orang yang sudah berpengalaman atau yang sudah profesional di bidang pernikahan. Untuk hal yang sifatnya memilih, kamu harus banyak gali informasi, tapi untuk yang sifatnya menentukan, kamu boleh berprinsip. Siapa tau dengan banyak bertanya, kamu jadi beruntung. Eh ternyata aku bisa kenal sama vendor yang punya temennya sodara aku. Yipiee jadi seru kerja bareng. Ini salah satu contoh aja, yang pasti ini menjadi penting. Aktif aja.. 



5. Bekerja Sama dengan Tenaga Profesional, contohnya Wedding Organizer
                                                                  Yes, hal ini bisa menjadi pilihan kamu ketika kamu ingin banyak berdiskusi dengan yang sudah profesional di bidangnya. Kamu pasti akan mendapatkan banyak masukan, banyak kritik yang membangun, dan yang pasti kamu nambah teman curhat. Ketika kamu meng-hire suatu Wedding Organizer yang pas dengan kamu, kamu bisa dapet banyak informasi serta cerita yang mungkin sebelumnya kamu belum tau, yang pastinya bermanfaat untuk kamu dalam merencanakan pernikahan. 
Untuk mendapatkan WO yang cocok sama kamu, pastinya kamu bisa hubungi beberapa yang kamu inginkan, kamu bisa ajak mereka ketemu dan kopi darat bersama, untuk menemukan chemistry yang akan membantu kamu mewujudkan pernikahan harapan kamu.



The Rainbow Organizer
Ig: @therainboworganizer



CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top